Rangkaian Tone Control Menggunakan TL-072

blogwaves
0

Ini adalah salah satu rangkaian passive tone control dengan penguatan sekitar 25X dan 20dB cut&boost. Rangkaian menggunakan komponen yang sangat minim dan mudah didapatkan di pasaran.


Rangkaian terdiri atas 2 bagian : bagian op-amp preamplifier dan bagian a passive Baxandall tone control. Preamplifier adalah sebuah non inverting amplifier berbasis IC TL072. R2 adalah feedback resistor bersama dengan resistor R1 menentukan penguatan (sekitar 23X).

Value of R3 (Rin) is taken as approximately equal to the output impedance of TL072. C2 is the input DC decoupling capacitor and it also sets the low frequency cut off limit. R4 is the offset minimizing resistor which reduces the effect of output offset voltage on the output of the amplifier and its value is taken as approximately equal to R1||R2. The preamplifier stage is powered using +15/-15 dual supply.

Passive Baxandall tone control juga dikenal dengan James Network adalah rangkaian pengatur bass dan treble yang independen untuk aplikasi high quality audio.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)