Membuat Sendiri Charger HP dari Aki Motor

blogwaves
0

 Rangkaian charger hp di motor ini juga disebut Motorcycle Mobile Phone Charger , ini adalah rangkaian yang sederhana dan mudah untuk buat charger hp di motor sendiri, dengan komponen yang mudah didapat.



Dengan cara ini maka Anda bisa mengecharger hp dari aki motor. Kebanyakan hp menggunakan baterai pack yang terdiri dari tiga baterai 1,2V yang dijadikan satu atau dihubungkan seri sehingga total tegangannya adalah 3,6.

Untuk menge charge secara cepat maka dibutuhkan tegangan lebih dari 1,2 V dan arus yang cukup. Rangkaian berikut ini bisa menghasil kan tegangan 5V dengan arus 300mA untuk mengecas baterai hp secara cepat. Rangkaian ini adalah menerapkan regulator arus dan tegangan yang dilengkapi dengan proteksi polaritas dan kerusakan komponen.

Rangkaian ini menggunakan regulator tegangan  IC 7805 yang akan menghasilkan tegangan regulasi sebesar 5V.
Komponen-komponen yang dihubungkan pada IC, untuk memproteksi IC sehingga akan memberikan output yang stabil. Zener diode ZD bertindak sebagai proteksi pada input. Dioda akan menyediakan 7,2V untuk dinputkan ke IC regulator 7805, dari tegangan aki 12V. Dioda D1 adalah untuk mengamankan output dan input sebagai diode proteksi hubung singkat.

Ketika  tegangan diterapkan melebihi rating tegangan maksimum regulator  ke inputnya atau ketika tegangan lebih dari tegangan masukan diterapkan ke output, IC regulator akan rusak.  Maka situasi ini dapat dihindari dengan menggunakan Zener di dioda D1 pada masukan IC regulator. Kapasitor C1 dan C2 menjaga stabilitas regulator dan ini harus disolder dekat kaki regulator. Kapasitor C3 bertindak sebagai penyangga untuk memberikan tegangan konstan pada output.

IC 7805  dapat diberi masukan maksimal tegangan 35 volt dan rating arus adalah 1 amp maksimum. Resistor R1 membatasi pengisian arus ke sekitar 330 mA berdasarkan hukum Ohms.  Arus pengisian dengan 80-100 mA  ini umumnya disarankan. Tetapi dalam keadaan darurat,  pengisian cepat dapat dilakukan dengan arus yang lebih tinggi
PCB  rangkaian regulator dapat dimasukkan dalam boks kecil yang dapat dipasang di dekat aki/baterai motor. Menggunakan pin konektor yang cocok untuk terhubung dengan ponsel. Arus pengisian dapat disadap dari baterai menggunakan  klip buaya . Sebelum menggunakan sirkuit, memeriksa koneksi terutama polaritas konektor dan mengukur output tegangan dan arus menggunakan Digital Multi Meter. Sirkuit yang sama dapat digunakan untuk pengisian baterai ponsel dari  aki/baterai mobil 12 volt


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)