Mengenal Soft Start

blogwaves
Jika MCB atau sekring PLN rumah Anda sering drop atau putus, bisa jadi hal itu disebabkan oleh peralatan listrik rumah yang mengambil daya awal terlalu besar melebihi kapasitas daya listrik rumah.

Soft-start adalah rangkaian elektronik peredam tarikan arus yang besar ketika sebuah peralatan elektronik pertama kali dihidupkan.


Peralatan elektronik yang menggunakan power-supply tipe “switching-mode” seperti TV, monitor komputer dan lain-lain selalu menarik arus AC yang besar, yaitu sesaat ketika pertama kali dihidupkan atau disambungkan ke sumber listrik AC 220V.


Hal ini dikarenakan adanya kondensator perata (smoothing-condensator) pada bagian rangkaian penyearah sedangkan rangkaian penyearah itu langsung mengambil tegangan dari sumber AC 220V.  Ketika kondensator perata itu mengisi muatannya hingga penuh, sumber AC 220V menjadi terbebani kuat, sebab pengisian kondensator menarik arus yang cukup besar meskipun berlangsung hanya sekejap.  



Akibatnya adalah MCB listrik di rumah mungkin akan memutus arus jika arus itu telah di luar batas.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah itu adalah dengan memasang sebuah resistor di salah satu sambungan ke sumber AC 220V.  Cara itu memang bisa saja membantu untuk kebanyakan TV atau monitor komputer sistem CRT.  Namun tidak semuanya bisa.
Peralatan elektronik tertentu akan terganggu kinerja rangkaian power-supply-nya ketika diterapkan cara itu.
“Soft-start” menawarkan cara yang lebih baik.  Ia melakukan peredaman hanya sesaat, kemudian sambungan listrik AC dikembalikan normal.